
Banyak yang bertanya, apa sih beda MotoGP dengan WSBK?
Kembali ke zaman 90-an, kita dengan mudah dapat membedakan antara GP500 dengan WSBK. Dimana GP 500 hanya memperlombakan motor prototipe 500 cc 2-Tak, sedangkan WSBK dengan motor balap 4-tak produksi massal.
Seiring perkembangan teknologi, GP 500 berubah menjadi MotoGP (musim 2002) dengan basic mesin 4-tak. Kini tak ada lagi perbedaan antara MotoGP dengan WSBK jika melihat mesin yang diperlombakan. Sejatinya MotoGP adalah puncak dari segala balapan motor roda dua di dunia, sedangkan WSBK adalah balapan yang penggunakan motor yang dijual bebas dan dipakai secara umum.
Berikut adalah perbedaan antara MotoGP dan WSBK:
Kembali ke zaman 90-an, kita dengan mudah dapat membedakan antara GP500 dengan WSBK. Dimana GP 500 hanya memperlombakan motor prototipe 500 cc 2-Tak, sedangkan WSBK dengan motor balap 4-tak produksi massal.
Seiring perkembangan teknologi, GP 500 berubah menjadi MotoGP (musim 2002) dengan basic mesin 4-tak. Kini tak ada lagi perbedaan antara MotoGP dengan WSBK jika melihat mesin yang diperlombakan. Sejatinya MotoGP adalah puncak dari segala balapan motor roda dua di dunia, sedangkan WSBK adalah balapan yang penggunakan motor yang dijual bebas dan dipakai secara umum.
Berikut adalah perbedaan antara MotoGP dan WSBK:
- SASIS
MotoGP dibangun dengan sasis prototipe untuk keperluan balap. Sangat kaku dan gampang untuk di utak atik geometri dan settingan suspensi sesuai keinginan pembalap.
WSBK mempunyai sasis yang diproduksi untuk keperluan jalanan, tapi boleh di modifikasi dengan tujuan memperkuat atau memperkokoh asal tidak mengubag struktur rangka.
WSBK mempunyai sasis yang diproduksi untuk keperluan jalanan, tapi boleh di modifikasi dengan tujuan memperkuat atau memperkokoh asal tidak mengubag struktur rangka.
- MESIN
MotoGP dengan kapasitas 800cc tapi setiap bagian merupakan racing only.
WSBK merupakan mesin standar versi jalanan berkapasitas 1000 cc, kecuali Ducati dengan V-twin boleh hingga 1200 cc.
WSBK merupakan mesin standar versi jalanan berkapasitas 1000 cc, kecuali Ducati dengan V-twin boleh hingga 1200 cc.
- BOBOT
MotoGP mengatur batas minimum motor berdasarkan jumlah silinder. 148 kg untuk 4 silinder, 133 kg untuk 2 silinder hingga 168 untuk 6 silinder.
WSBK terdiri dari motor Jepang dengan 4 silinder seberat 162 kg dan Ducati dengan 2 silinder minimal 168 kg
WSBK terdiri dari motor Jepang dengan 4 silinder seberat 162 kg dan Ducati dengan 2 silinder minimal 168 kg
- BAN
Dulu MotoGP memakai ban khusus dari Dunlop, Michelin dan Bridgestone, namun tahun 2009 Bridgestone terpilih sebagai pemasok tunggal.
WSBK dari dulu selalu memakai Pirelli sebagai pemasok tunggal.
WSBK dari dulu selalu memakai Pirelli sebagai pemasok tunggal.
- RIDER
Pembalap MotoGP bisa dikatakan sebagai pembalap pilihan dengan skill diatas rata-rata.
Sedangkan WSBK banyak di isi oleh pembalap buangan MotoGP atau pembalap baru yang berharap kalau berprestasi dapat dilirik oleh tim-tim MotoGP.
Sedangkan WSBK banyak di isi oleh pembalap buangan MotoGP atau pembalap baru yang berharap kalau berprestasi dapat dilirik oleh tim-tim MotoGP.
jadi lebih balap moto gp lah ya dari pada wsbk?
BalasHapus